Uncategorized

Mengenal Lebih Dekat Mengenai Desain Rumah Minimalis

rumah minimalis

Tentunya Anda telah tidak  asing ulang dengan desain slot depo 10rb tempat tinggal minimalis, dimana tempat tinggal ini begitu banyak digunakan di zaman modern selagi ini terlebih di perumahan. Modelnya yang kecil tetapi unik menyebabkan banyak orang tertarik untuk memakai desain tempat tinggal ini, bahkan terlampau cocok untuk di lahan terbatas dimana selagi ini telah terlampau tinggi sekali harga lahan.

Namun masih banyak orang yang belum mengenal sejarah dari desain model ini serta mengapa desain ini begitu banyak disukai, mengingat banyak sekali bermacam macam model desain tempat tinggal selagi ini.

Sejarah munculnya desain tempat tinggal minimalis

Kehadiran desain ini sebetulnya telah terlampau lama, jadi tidak heran kalau banyak orang yang tidak asing dengan model tempat tinggal ini. Kehadiran model ini telah tersedia sejak 1902 dimana terhadap selagi itu model ini telah tersedia tetapi belum banyak digunakan, dapat tetapi terhadap th. 1990 model ini terasa banyak digunakan terhadap rumah-rumah dan tetap berkembang hingga th. 2000.

Salah satu tokoh yang mempopulerkan rencana tempat tinggal ini adalah Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier, dimana mereka tidak cuma berperan penting didalam mempopulerkan tetapi juga pengaruhi rencana dari tempat tinggal minimalis.

Untuk Indonesia sendiri perkembangan model rumah minimalis juga berkembang sangat pesat, walaupun hingga saat ini belum banyak masyarakat yang paham betul mengenai konsep dasar dari desain rumah minimalis. Sebab kebanyakan masyarakat hanya meniru konsep rumah minimalis masyarakat Eropa dan Amerika, padahal terdapat perbedaan cuaca dan iklim antara daerah Indonesia dan daerah Eropa dan Amerika.

Hal ini tentunya dapat memberikan pengaruh terhadap bahan bangunan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan tingkat ketahanan rumah dengan cuaca di daerah sekitar.  Contohnya adalah mengenai sistem pencahayaan, dimana untuk wilayah Barat seperti Eropa sinar mataharinya memancar lebih rendah mengingat terdapat 4 musim di kawasan tersebut.

Tentunya untuk mendapatkan banyak cahaya umumnya rumah mereka tidak menggunakan kanopi, akan tetapi berbeda kasusnya jika masyarakat Indonesia juga meniru hal tersebut. Sebab cahaya matahari di Indonesia memancar sangat tinggi sehingga bisa membuat perabotan di dalamnya menjadi mudah rusak karena banyak terpapar sinar matahari, oleh sebab itu ada baiknya jika masyarakat mengetahui konsep dasar dari rumah minimalis agar bisa menciptakan rumah minimalis yang sesuai dengan Indonesia.

Mengapa desain rumah minimalis dapat hadir?

Banyak sekali alasan mengapa rumah minimalis bisa muncul dan begitu populer, salah satunya adalah rumah minimalis merupakan salah satu bentuk protes terhadap beberapa model arsitektur yang dianggap masyarakat boros menggunakan bahan bangunan serta tidak ramah untuk lingkungan seperti menggunakan kayu secara berlebihan.

Konsep rumah ini juga lebih mengutamakan fungsi dari bahan bangunan yang digunakan, sehingga tidak heran jika menggunakan ornamen dan bahan baku yang dirasa tidak terlalu diperlukan akan dibatasi penggunaannya.  Sebab beberapa bahan bangunan tidak dapat diciptakan oleh manusia seperti kayu, oleh sebab itu desain dari rumah ini menjadi tantangan tersendiri bagi para arsitek sehingga memicu munculnya ide baru yang dikembangkan oleh para perancang dimana semuanya disesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu dengan mengenal mengenai latar belakang dari desain rumah minimalis ini maka akan membantu Anda dalam mengenal dan mengetahui konsep dasar rumah minimalis. Sebab saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai konsep dasar dari desain ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *