Uncategorized

Desain Stasiun Kereta Api Kencang di China Diledek

Jakarta – Stasiun kereta api pesat yang baru diresmikan di China memancing kontroversi di dunia maya sebab desainnya yang menarik perhatian. Dikutip dari CNN, Rabu, 24 April 2024, alih-alih mendapatkan kebanggaan, desain stasiun kereta api pesat di Provinsi Nanjing, Tiongkok, itu pun diolok-olok warganet.

Menurut laporan media pemerintah Tiongkok, pembangunan Stasiun Kereta Api Utara Nanjing akan diawali pada paruh pertama tahun ini. Menurut laporan hal yang demikian, para pejabat mengatakan desain stasiun kereta api itu terinspirasi bunga-bunga plum yang bermekaran di sepanjang Sungai Yangtze.

Nanjing, ibu kota provinsi Jiangsu komponen timur hal yang demikian terkenal dengan bunga plumnya yang mekar setiap musim semi. Tetapi, tanggapan warganet Tiongkok kepada desain yang dirilis permulaan bulan ini jauh dari kata ‘berbunga-bunga’. Banyak warganet di website media sosial Tiongkok, Weibo, menyangka desainnya terinspirasi dari format pembalut wanita dengan sayap.

“Rendering pemodelan Stasiun Utara Nanjing menyerupai pembalut wanita. Format ini akan membuat orang berpikir. Apakah orang-orang merasa ‘bocor’ saat keluar dari stasiun?” canda seorang warganet.

“Sayap untuk melindungi Nanjing,” tulis yang lain.

“Menurut ini harusnya cakap membendung ‘arus deras’ (kerumunan),” guyon warganet lain.

Menurut laporan pada 2017 oleh website berita Nanjing Morning News, stasiun kereta api ini diperkirakan menelan tarif sekitar 20 miliar yuan atau sekitar Rp44 miliar dan akan berdiri di zona seluas 37,6 kilometer persegi.

Bukan Desain Aneh yang Pertama

Dikutip dari BBC, ini bukan proyek arsitektur pertama slot depo 10k di Tiongkok yang menarik perhatian tak terduga. Sebelumnya, Kantor Selain Penyiaran Negara atau Central Chinese Televesion (CCTV) di ibu kota Beijing dikenal oleh banyak orang di Tiongkok sebagai gedung ‘celana boxer besar’, sebab formatnya yang unik.

Gedung yang dibangun pada 2004 hal yang demikian memperlihatkan dua buah bangunan tinggi yang berkoneksi pada komponen atasnya. Bangunan 51 lantai karya Metropolitan Architecture hal yang demikian menonjol seperti celana boxer yang mengembang.

CCTV Tower, Tiongkok punya banyak gedung aneh lain yang tersebar di kota-kota besarnya, seperti gedung dengan arsitektur mirip kloset duduk di Provinsi Henan. Gedung yang difungsikan sebagai kampus untuk North China University of Water Conservancy and Electric Power ini dua buah bangunan utama, dengan bangunan belakangnya berbentuk kota dan bangunan depan berbentuk bulat dan lebih rendah. Dalam foto udara, gedung ini jadi menonjol seperti kloset raksasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *