Uncategorized

Pilih Atap Genteng Atau Dak Beton? Kenal Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum membangun atau merenovasi rumah, kamu perlu mempertimbangkan desain atap rumah. Ada dua alternatif atap yang lazim. Pertama adalah atap genteng, kedua adalah tanpa genteng atau atap datar dengan dak beton.

Sebelum mempertimbangkan, kalian bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, simak dulu review berikut yang dirangkum dari web GJ Gardner dan Able Roof:

Kelebihan Atap Dak Beton daripada Genteng
Sebagian kelebihan rumah tanpa genteng atau atap datar dari dak beton adalah sebagai berikut:

1. Hemat Tarif Pembangunan
Atap tanpa genteng cenderung lebih hemat karena tidak perlu memasang kerangka besi baja hollow dan genteng. Atap datar cuma memerlukan adonan semen, besi, dan pasir.

Waktu pembangunannya malahan umumnya sepatutnya diatasi dengan cepat, sehingga umumnya rampung dalam sehari. Sementara genteng bisa beberapa hari, sehingga tarif harian tukang tidak terlalu besar.

2. Estetika
Bagi penggemar contoh minimalis dan modern, rumah tanpa genteng mungkin akan lebih estetik karena wujudnya simetris, sehingga menonjol jauh lebih rapi, klasik, dan cantik dari luar.

3. Perawatan Gampang
Karena atap berbentuk datar dan lebih kuat daripada genteng, atap dak beton lebih gampang dirawat dan dibersihkan. Pengecekan malahan dilakukan lebih gampang.

Sementara untuk naik ke atap genteng sepatutnya betul-betul berhati-hati supaya tidak jatuh atau atap tidak roboh.

4. Bisa Memasang Panel Surya
Atap yang datar bisa dimanfaatkan untuk beragam hal, salah satunya dipasangi panel surya. Panel surya bisa menaruh tenaga matahari dan listriknya bisa dimanfaatkan untuk sumber tenaga.

5. Bisa Diciptakan Rooftop
Fungsi lain dari atap datar adalah bisa dibuat rooftop. Rooftop bisa diterapkan untuk banyak hal, seperti taman, daerah bersantai, daerah jemuran, dan sebagainya.

Kekurangan Atap Dak Beton daripada Genteng
Berikut ini beberapa kekurangan atap dak beton daripada menggunakan genteng:

1. Sulit Drainase
Sulit paling utama dari atap datar adalah drainase. Dikala hujan, air tidak langsung mengalir ke saluran drainase, malahan bisa menggenang. Hal ini membuat atap rawan bocor. Lapisi dengan slot777 login cat antibocor sebagai pengaman dari hujan.

2. Gampang Kumal
Kotoran yang beterbangan lebih mungkin hinggap di atap datar daripada di atap genteng yang miring. Kotoran yang kerap kali ditemukan di atap antara lain daun. Kamu sepatutnya kerap kali-kerap kali membersihkan atap ini supaya senantiasa bersih.

3. Rawan Berlumut
Sulit perairan juga memungkinkan atap dak beton berlumut. Kecuali itu, rooftop yang diterapkan sebagai taman juga berisiko menumbuhkan tanaman liar, malahan akarnya mungkin merusak atap.

4. Perlu Ditambahi Pelapis
Supaya lebih awet, atap datar perlu ditambahi pelapis, umumnya berupa dek kayu atau bahan atap gulungan. Tetapi bahan-bahan ini jenisnya terbatas, seperti TPO, EPDM, karet, dan bitumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *