Uncategorized

Kelebihan dan Kekurangan Flat Design, Apa Saja?

Dikabarkan indonesiamendesain.com, flat design membantu untuk lebih konsentrasi pada konten, tanpa mengganggu pemirsa dari efek visual. Flat design menekankan kesederhanaan elemen dan pada dikala bersamaan membikin antarmuka lebih responsif, kencang dan mudah diterapkan.

Banyak yang memperbandingkan flat design dengan skeuomorphism design. Padahal skeuomorphism membikin efek seperti bayangan, tekstur realistis, pantulan, beveling dan embossing dan sebagainya.

Berikut ini ada sejumlah kelebihan ataupun kekurangan dalam Flat Design. Simak urainnya berikut ini dilansir dari indonesiamendesain.com:

Kelebihan Flat Design

Flat design kian melambung tinggi sejak Microsoft dan Apple menerapkannya. Flat design memang kencang diadopsi joker123 sebagai pendekatan baru kepada pengalaman pengguna (User Experience).

Prinsip flat design dapat diterapkan pada golongan desain lainnya, melainkan tata letak berbasis grid dan grafis sederhana betul-betul pantas untuk desain situs, seluler, dan User Interface sebab mudah dipasang atau disesuaikan untuk diterapkan pada perangkat dan ukuran layar yang berbeda sekalipun (responsif).

Di sisi lain, gaya skeuomorphism design yang betul-betul detil dengan banyak bayangan dan tekstur sering kali kali tak terjalin dengan baik dikala ukuran layar berubah (kurang responsif).

Ryan Allen seorang desainer, Dapper Gentlemen memasukkannya ke dalam tulisan yang berjudul Flat 2.0,. Flat design dapat dibangun dengan skala dinamis pantas ukuran konten yang jauh lebih sederhana ketimbang desain yang sempurna.

Fleksibel
Tampilan flat design cenderung mempunyai komposisi yang dibentuk oleh format geometris yang seragam. Tipe tata letak ini mempunyai tempat di tiap-tiap elemen desainnya dan mudah dinavigasi dengan kencang.

Grid juga adalah kerangka kerja fleksibel yang dapat dibentuk menjadi banyak pembatasan. Hal ini memungkinkan desainer untuk membikin pembatasan yang paling pantas dan menampakkan konten mereka, ketimbang menekan konten ke dalam tata letak yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tipografi Bersih dan Menonjol
Mutu flat design juga memperluas pendekatan desainer kepada typesetting, yang seringkali menghasilkan tipografi yang lebih besar dan lebih ramping. Tidak adanya bayang-bayang dan efek lainnya yang membikin teks lebih mudah dibaca.

Tipe Sans-serif adalah opsi yang paling populer dan pantas untuk gaya flat design, melainkan font serif dan tipografi yang tak terlalu kompleks dalam desainnya juga dapat pantas dipadukan dalam gaya flat design.

Hemat
Tidak menghabiskan banyak space penyimpanan sebab ukuran file cenderung lebih kecil dalam memproses antarmuka untuk desain situs, seluler, dan User Interface.

Kekurangan Flat design

Terlalu konsentrasi pada keindahan trendy
Flat design secara teratur timbul pada daftar popularitas desain sebab terus menjadi opsi populer bagi desainer yang menginginkan karya mereka tampil sebagai teknologi modern atau reflektif. Salah satu masalah dengan popularitas adalah sebagian desainer akan menerapkannya hanya untuk mencontoh arusnya saja tanpa benar-benar memikirkan kegunaannya.

Semoga dapat membantu bagi kamu yang tengah menggeluti dunia desain. Untuk kamu yang ingin serius menjadi seorang desainer tentu butuh tempat belajar yang tepat.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) adalah kampus IT terbaik di Bali yang mempunyai program studi Teknik Informatika yang salah satu peminatannya adalah Desain Grafis dan Multimedia. Sebagai kampus swasta di Bali, INSTIKI dengan Desain Grafis dan Multimedia mempunyai janji mencetak lulusan yang mampu menghasilkan karya berbasis desain grafis dan multimedia serta pembuatan situs/situs perusahaan/instansi, video editing, program tayangan TV, desain display product, kartun 2 dan 3 dimensi, corporate identity serta marketing kit.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, sekarang telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *