Uncategorized

Faktor yang Memberi Desain Produk Sebuah Usaha

Hampir seluruh jenis bisnis tak lepas dari desain produk sebagai salah satu penentu kesuksesan. Faktor yang mempengaruhi desain produk merupakan kunci agar konsumen atau pelanggan merasa puas dengan mutu yang ditawarkan pemilik bisnis atau perusahaan. Bila kamu berniat memulai bisnis, pastikan kamu mengetahui hal-hal yang meningkatkan atau menurunkan mutu desain produk.

Apa Itu Desain Produk?
Istilah “desain produk” mengacu pada progres menyeluruh untuk menciptakan suatu produk sebagai bagian dari bisnis. Pengerjaan ini terdiri dari berbagai langkah, mulai dari riset pasar, penelitian, eksperimen, pembuatan figur produk, uji coba, sampai peluncuran dan evaluasi.

Dalam dunia industri dan bisnis, istilah desain produk mempunyai makna lebih spesifik. Berdasarkan Karl T. Ulrich, pakar desain dan profesor di Wharton School of the University of Pennsylvania, desain produk merupakan upaya menciptakan spaceman slot produk atau jasa yang memenuhi kepentingan publik. Jadi, ada penekanan terhadap kepentingan konsumen dalam progresnya.

Faktor yang mempengaruhi desain produk seharusnya dipandang dengan baik sebab menyangkut tarif produksi masal, kepuasan konsumen, serta kesuksesan bisnis. Produk berkwalitas tak cuma menjaga dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap nama bisnis atau perusahaan, tapi juga merupakan bagian dari taktik kesuksesan jangka panjang.

Desain produk merupakan sesuatu yang rumit dan membutuhkan taktik khusus serta konsistensi. Tiap perusahaan atau pemilik bisnis seharusnya memperhitungkan berbagai elemen dalam merancang produk, baik internal maupun eksternal.

Faktor Internal yang Memberi Desain Produk
Desain produk tak dapat dijauhkan dari aspek-aspek terkait perusahaan atau pihak yang terlibat dalam progresnya. Inilah sebagian elemen internal yang mempengaruhi desain produk.

Visi dan Misi Bisnis
Tiap bisnis atau perusahaan tepat seharusnya mempunyai visi dan misi yang jelas. Selain memudahkan pengelolaan bisnis, kedua hal ini juga menentukan desain produk. Sebagai figur, kalau bisnismu berfokus pada popok ramah lingkungan, desain produkmu mungkin berupa pembuatan popok kain dari bahan yang bendung lama, dapat dicuci berkali-kali, tapi tetap nyaman di kulit bayi. Hal inilah yang membedakan desain produkmu dari perusahaan sejenis yang tak mengaplikasikan visi misi serupa.

Ketersediaan Bahan Baku/Mentah
Akses gampang ke bahan baku atau mentah sungguh-sungguh penting bagi desain produk. Bila kamu berharap menyediakan produk yang dibutuhkan konsumen secara tetap, produkmu seharusnya terbuat dari bahan yang gampang diakses atau dapat dikirimkan lewat jalur distribusi. Dalam kasus tertentu, kelangkaan suatu bahan baku atau mentah menuntut perusahaan untuk berinovasi, misalnya menciptakan bahan pilihan untuk produk hal yang demikian.

Ukuran atau Volume
Ketika menciptakan suatu produk, perusahaan atau pemilik bisnis seharusnya menentukan volume, ukuran, bobot, dan elemen karakteristik lahiriah lainnya. Ukuran dan volume akan mempengaruhi desain, bahan, serta sistem rakit, rancangan, pemasangan, dan aspek teknik lainnya. Misalnya, produsen kendaraan beroda empat mengaplikasikan sistem berbeda dalam merangkai eksterior kendaraan beroda empat ukuran kecil, sedang, maupun besar.

Tarif Produksi
Tarif produksi menentukan berbagai hal terkait produkmu, mulai dari ukuran, spek, energi bendung, jenis, sampai teknologi. Inilah sebabnya kamu dapat menemukan perusahaan yang memproduksi barang serupa tapi dengan jangka harga berbeda. Misalnya, produk kosmetika yang seluruh bahannya dapat didapatkan di dalam negeri tentu lebih murah dari produk serupa dengan bahan-bahan impor eksklusif yang mahal.

Akses ke Teknologi Tertentu
Perusahaan tertentu mempunyai akses ke teknologi khusus sebagai sistem bersaing dengan perusahaan lain. Akses ke teknologi ini menentukan jenis produk yang dapat diwujudkan. Teknologi yang diterapkan pada hp iPhone, misalnya, tentu berbeda dari produk serupa buatan perusahaan elektronik yang tak mempunyai akses ke teknologi secanggih Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *