Uncategorized

Tempat Liburan Buat Lebaran Ramai, PAD Mensarankan Pariwisata Pacitan Masih Jauh Dari Target

Melainkan, di balik keceriaan para pelancong, ada satu hal yang kurang menggembirakan soal pendapatan absah tempat (PAD) dari sektor pariwisata terbukti masih jauh dari sasaran.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan mencatat sempurna 70.426 pelancong mengunjungi mahjong 12 obyek wisata yang dikelola Pemkab Pacitan selama libur Idul Fitri 1445 H. Angka ini menampakkan peningkatan dari tahun lalu yang hanya 62.381 pelancong.

Destinasi unggulan para pelancong yakni Pantai Klayar dengan 29.330 pengunjung. Ditiru oleh Pantai Watukarung dengan 14.976 pengunjung dan Pantai Srau dengan 11.392 pengunjung.

PAD Baru Capai 10 Persen, Masih Jauh dari Target

Walaupun angka kunjungan meningkat, PAD dari sektor pariwisata masih jauh dari sasaran. Dari sasaran Rp1,2 miliar, hanya tercapai Rp961.960 juta atau 10 persen.

Walaupun belum layak ekspektasi, Disparbudpora Pacitan tetap bersyukur dengan hasil tersebut. Mereka berencana untuk menjalankan evaluasi dan mengembangkan momen libur panjang berikutnya untuk mendongkrak PAD.

Hingga saat ini, sempurna PAD dari sektor pariwisata telah mencapai Rp2,7 miliar atau 20,08 persen dari sasaran Rp12,5 miliar.

Selain itu, sasaran PAD dari sektor pariwisata Pacitan yang masih belum tercapai wajib menjadi bahan evaluasi bagi Disparbudpora Pacitan untuk meningkatkan potensi wisata dan mengembangkan pendapatan tempat.

Menyiapkan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora Pacitan), Turmudi menyuarakan, sebagian kali rapat telah dikerjakan bersama lintas sektoral guna menjamin keamanan dan kenyamanan para pelancong .

“Jadi, telah tiga kali kita berkumpul dengan lintas instansi untuk mengantisipasi kemacetan, gangguan keamanan, kenyamanan, kebersihan di lingkungan destinasi nanti saat libur hari raya,” katanya, Sabtu (6/4/2024).

Masing-masing kesiapan destinasi, Turmudi mempertimbangkan telah dikoordinasikan dengan pihak keamanan Polsek setempat. Ini untuk memetakan opsi trek pelancong seandainya terjadi penyiaran jumlah kendaraan.

“Antisipasi membludaknya jumlah pengunjung, ada pengalihan trek seandainya dibutuhkan dari Satlantas Polres Pacitan telah siaga,” tambahya.

Turmudi menyebut, sarana dan prasarana di sejumlah destinasi cukup memadai. Seperti parkiran di Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo yang cakap menampung 1000 kendaraan besar ataupun kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *